GoldenGate: Komponen proses flow di GoldenGate


Proses flow GoldenGate umumnya seperti pada gambar dibawah, perubahan data dari source database di-capture kemudian ditulis ke file trail (source trail). File source trail kemudian dibaca oleh data pump dan dikirimkan ke target melalui jaringan, di Target oleh proses Collector kemudian menuliskannya ke file remote trail. Setelah diterima file trail, lalu dilakukan proses deliver/replicat ke target database sesuai dengan datanya. Setiap komponen pada proses flow goldengate ini dikelola oleh proses manager.

Komponen proses flow GoldenGate:

  1. Source Database, yaitu database sumber yang perubahan datanya akan diambil, sumber database yang disupport GoldenGate yaitu c-tree, DB2, MySQL, Oracle SQL/MX, Sql-Server, Sybase dan Teradata.
  2. Proses Capture (Local Extract), yaitu proses ekstraksi data dari proses insert, update atau delete dari database sumber, di GoldenGate proses capture disebut EXTRACT. Extract yaitu proses sistem operasi yang berjalan di server sumber dan mengcapture perubahan dari log transaksi database. Contoh pada database Oracle, Extract mengcapture perubahan dari redo logs dan pada beberapa proses exception akan membaca dari achieved redo logs dan menuliskan datanya ke file yang dinamakan file trail. Pada Extract bukan hanya dapat mengcapture proses Data Manipulation Language (DML) tetapi juga proses Data Definition Language (DDL)
  3. Source Trail, yaitu file trail yang ditulis dari hasil proses capture/extract, file trail sendiri bisa disetting besar maksimum ukurannya. Untuk performansi yang tinggi data yang dituliskan ke file trail dalam bentuk large blocks. Default lokasi source trail biasanya disimpan di direktori dirdat
  4. Data Pump, yaitu proses extract GoldenGate untuk membaca records di source trail yang ditulis local extract, mengirimkannya melalui jaringan (TCP/IP) ke target, dan membuat remote trail di target. Kegunaan data pump adalah untuk menjaga kalau network putus, dan setelah network kembali aktif maka data pump akan otomatis mengirim source trail ke target.
  5. Network, yaitu jaringan yang menghubungkan source database dan target database.
  6. Collector, proses collector otomatis dijalankan oleh manager. proses collector berjalan pada background proses di sistem target dan menulis records ke remote trail.
  7. Remote Trail, file remote trail hampir sama dengan file source trail, pembedanya file remote trail dibuat pada sistem target yang dapat digunakan pada server database target. Default lokasi remote trail biasanya disimpan di direktori dirdat
  8. Delivery (Replicat), yaitu proses untuk apply perubahan data ke target database. di GoldenGate proses delivery disebut juga dengan REPLICAT, yaitu dengan membaca records di remote trail dan menerapkannya ke target database. pada replicat mendunkung proses DML dan DDL.
  9. Target Database, di GoldenGate untuk database target yang disupport antara lain: c0-tree, DB2, generic ODBC, MySQL, Oracle SQL/MX, SQL Server, Sybase, TimesTen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s